Saturday, 17 January 2008 - Sermon

"Visi dan Misi"
Preacher: Catherine

Visi: tujuan yang dicapai
Misi: cara yang ditempuh untuk mencapai visi

Visi -> jangka panjang
Misi -> jangka pendek

Bagaimana cara kita mencapai visi dan misi kita?

Kolose 1:16
karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

Kita tidak tahu apa fungsi suatu barang yang diciptakan bila kita tidak bertanya kepada penciptanya atau membaca buku panduannya. Begitu pula dengan manusia. Manusia punya tujuan. Tapi kita hanya bisa menmukan tujuan itu lewat Tuhan (pencipta kita) atau alkitab (buku panduan).

Kita diciptakan untuk Tuhan dan orang lain. Visi dan misi kita pun harus berhubungan dengan Tuhan dan orang lain.

Seringkali kita tidak bisa menemukan visi dan misi kita sehingga bukannya Tuhan memakai kita tapi kita yang memakai Tuhan.

Mazmur 127:4
Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.

Kita anak muda seperti anak panah di tangan pahlawan. Kenapa harus menjadi anak panah?
1. Sebuah anak panah tidak berguna jika tidak dipakai oleh sang pemanah. Anak panah tidak bisa bergerak sendiri. Butuh pemanah untuk menggerakkannya.Begitu pula dengan manusia. Tuhanlah yang menggerakkan manusia (kita).
2. Sebuah anak panah memiliki sasaran yang akan dicapai. Begitu pula dengan manusia. Manusia harus bisa mencapai visi dan misi kita (sasaran tembak).

"Manusia tanpa tujuan ibarat sebuah kapal tanpa kemudi, anak terlantar, hal yang sia-sia, bukan siapa-siapa." (Thomas Caryle)

Apa untungnya bila kita menemukan tujuan hidup kita?
1. Memberi makna dan motivasi bagi kehidupan.
"Apabila kehidupan memiliki makna, anda bisa menanggung hampir segala ha;. Tanpa makna, tidak ada sesuatu un yang bisa ditanggung."
Kita bakal melewati hari-hari kita dengan makna yang baru setiap harinya.
2. Memudahlan hidup
Visi dan misi akan mempermudah hidup kita, bukan mempersulit. Saat kita mempunyai visi dan misi di dalam hidup kita, maka kita dapat memilih berbagai pilihan di dalam hidup kita, mana yang penting dan mana yang tidak penting.
"Mustahil melakukan segala sesuatu yang orang lain ingin anda lakukan. Anda hanya memiliki cukup waktu untuk melakukan kehendak Allah."
3. Membuat kehidupan menjadi lebih fokus
"Anda menjadi efektif karena bersikap selektif."
4. Mempersiapkan diri menghadapi kekekalan.

0 komentar: